Creator :
Kas Raygaputra Ilaga – Undergraduated in Universitas Dian Nuswantoro (NIM : A11.2015.08977)
Kode : 2.doc
Lecturer:
Wijanarto, M.KOM
Help!:
Q = Question (Pertanyaan)
A = Answer (Jawaban)
1.
Q: Tuliskan tujuan membuat disain algoritma!
A: Tujuannya adalah untuk membuat/merancang dan mengembangkan suatu
algoritma sesuai dengan masalah yang ingin diselesaikan dan bagaimana mendesain
algoritma yang cepat.
2.
Q: Apa arti kata “cepat” dalam terminologi
analisa algoritma?
A: Cepat yang dimaksud adalah jumlah langkah(step)nya sedikit/berhingga,
terstruktur dan kompleksitas waktunya best case.
3.
Q: Desain dan analisa algoritma termasuk seni
atau pengetahuan, bagaimana hubungan keduanya?
A: Desain dan analisa algoritma lebih mendekat ke suatu seni(art) karena
dalam pembuatannya perlu kratifitas yang tinggi dan harus berdasar pada
teknik-teknik yang well-define yang scientifically. Hubungan keduanya adalah
ada pada kemampuan(pengetahuan) dan kreatifitas kita saat merancang dan
mengembangkan algoritma.
4.
Q: Tuliskan template problem dan solusi untuk
desain algoritma dengan suatu contoh kehidupan sehari-hari!
A:
Problem: Rey diberi uang makan
oleh Bapaknya sebanyak X yang harus dihabiskan dalam satu hari, jika
Rey makan Y kali sehari dengan harga yang sama
pada setiap makanannya. Tentukan berapa banyak uang yang harus dihabiskan
setiap makannya!
Input: X dan Y
adalah bilangan integer positif, dimana X > 0
dan Y > 0.
Output: Bilangan yang merupakan hasil X dibagi
Y.
Algoritma: X dibagi Y, dimana X > 0 dan Y > 0.
Notasi algoritmanya:
X, Y, Z : integer
Input(X)
Input(Y)
If X and Y
> 0 then
Z <- X / Y
Output(Z)
5.
Q: Kenapa desain algoritma perlu dimodelkan,
serta model apa yang tepat untuknya?
A: Karena untuk mengetahui berapa waktu tempuh (running time) untuk
setiap operasi dan berapa data yang seharusnya diinput algoritma tersebut.
Model yang tepat adalah Model suatu komputer, yaitu RAM (Random Access Machine)
6.
Q: Jelaskan pengertian RAM (Random Access
Machine) dan apa yang dapat dilakukannya
A: RAM merupakan penyederhanaan dari suatu model komputer yang pada
dasarnya terdiri dari dua bagian utama, yaitu Processor yang mengeksekusi
program dan Memori, yaitu koleksi suatu alokasi seperti array. RAM dapat
melakukan Operasi Aritmatika dan Logika, Jump dan Kondisi Jump, Instruksi
Pointer/Array (satu dimensi)
7.
Q: Jelaskan perbedaan antara komputer nyata dan
RAM.
A: Perbedaannya yaitu sistem komputer pada komputer nyata lebih kompleks
daripada RAM yang hanya mempunyai satu processor dan satu memori dengan 3
kelompok instruksi yang dimilikinya. Arsitektur komputer nyata mempunyai
pipeline, yaitu mengeksekusi instruksi yang berbeda secara simultan dalam
beberapa langkah yang berbeda.
8.
Q: Jelaskan istilah waktu tempuh maximum
algoritma!
A: T(n) adalah waktu tempuh maksimal algoritma yaitu dengan cara menjalankan
program tertentu untuk menyelesaikan masalah dalam RAM untuk setiap input
instance berukuran n. Sehingga, untuk input instance yang berukuran sama dan
diterapkan dalam algoritma yang berbeda untuk menyelesaikan masalah yang sama,
dapat mempunyai waktu tempuh yang berbeda pula.
9.
Q: Hitunglah waktu tempuh pada fragmen berikut
ini:
for i = n to 1 do
if n mod 2 = 0 then
x
= x + 1
n
= n / 2
else
x
= x + 1
n
= 3 * n + 1
if n = 1 then break
A:
Jabarkan fragmen di atas seperti ini:
Waktu tempuh = 2 + n(b + 3)
2
+ n(9)
9n
+ 2
10.
Q: Apa itu persamaan T(n) = anxn
+ ... + a1x + a0 dalam order suatu fungsi
A:
Fungsi independen terhadap komputer yang akan dipakai untuk mengukur algoritma
tersebut dalam kehidupan nyata.
Download versi PDF: Google Drive
Download versi PDF: Google Drive
0 komentar:
Posting Komentar