Jumat, 22 September 2017

Strategi Algoritma (Pertanyaan dan Jawaban) Indeks 2

Creator :
Kas Raygaputra Ilaga – Undergraduated in Universitas Dian Nuswantoro (NIM : A11.2015.08977)
Kode : 2.doc
Lecturer:
Wijanarto, M.KOM
Help!:
Q = Question (Pertanyaan)
A = Answer (Jawaban)

1.      Q: Tuliskan tujuan membuat disain algoritma!
A: Tujuannya adalah untuk membuat/merancang dan mengembangkan suatu algoritma sesuai dengan masalah yang ingin diselesaikan dan bagaimana mendesain algoritma yang cepat.

2.      Q: Apa arti kata “cepat” dalam terminologi analisa algoritma?
A: Cepat yang dimaksud adalah jumlah langkah(step)nya sedikit/berhingga, terstruktur dan kompleksitas waktunya best case.

3.      Q: Desain dan analisa algoritma termasuk seni atau pengetahuan, bagaimana hubungan keduanya?
A: Desain dan analisa algoritma lebih mendekat ke suatu seni(art) karena dalam pembuatannya perlu kratifitas yang tinggi dan harus berdasar pada teknik-teknik yang well-define yang scientifically. Hubungan keduanya adalah ada pada kemampuan(pengetahuan) dan kreatifitas kita saat merancang dan mengembangkan algoritma.

4.      Q: Tuliskan template problem dan solusi untuk desain algoritma dengan suatu contoh kehidupan sehari-hari!
A:
Problem: Rey diberi uang makan oleh Bapaknya sebanyak X  yang harus dihabiskan dalam satu hari, jika Rey makan Y kali sehari dengan harga yang sama pada setiap makanannya. Tentukan berapa banyak uang yang harus dihabiskan setiap makannya!
Input: X dan Y adalah bilangan integer positif, dimana X > 0 dan Y > 0.
Output: Bilangan yang merupakan hasil X dibagi Y.
Algoritma: X dibagi Y, dimana X > 0 dan Y > 0.
Notasi algoritmanya:
X, Y, Z : integer
Input(X)
Input(Y)
If X and Y > 0 then
Z <- X  / Y
Output(Z)

5.      Q: Kenapa desain algoritma perlu dimodelkan, serta model apa yang tepat untuknya?
A: Karena untuk mengetahui berapa waktu tempuh (running time) untuk setiap operasi dan berapa data yang seharusnya diinput algoritma tersebut. Model yang tepat adalah Model suatu komputer, yaitu RAM (Random Access Machine)

6.      Q: Jelaskan pengertian RAM (Random Access Machine) dan apa yang dapat dilakukannya
A: RAM merupakan penyederhanaan dari suatu model komputer yang pada dasarnya terdiri dari dua bagian utama, yaitu Processor yang mengeksekusi program dan Memori, yaitu koleksi suatu alokasi seperti array. RAM dapat melakukan Operasi Aritmatika dan Logika, Jump dan Kondisi Jump, Instruksi Pointer/Array (satu dimensi)

7.      Q: Jelaskan perbedaan antara komputer nyata dan RAM.
A: Perbedaannya yaitu sistem komputer pada komputer nyata lebih kompleks daripada RAM yang hanya mempunyai satu processor dan satu memori dengan 3 kelompok instruksi yang dimilikinya. Arsitektur komputer nyata mempunyai pipeline, yaitu mengeksekusi instruksi yang berbeda secara simultan dalam beberapa langkah yang berbeda.

8.      Q: Jelaskan istilah waktu tempuh maximum algoritma!
A: T(n) adalah waktu tempuh maksimal algoritma yaitu dengan cara menjalankan program tertentu untuk menyelesaikan masalah dalam RAM untuk setiap input instance berukuran n. Sehingga, untuk input instance yang berukuran sama dan diterapkan dalam algoritma yang berbeda untuk menyelesaikan masalah yang sama, dapat mempunyai waktu tempuh yang berbeda pula.

9.      Q: Hitunglah waktu tempuh pada fragmen berikut ini:
for i = n to 1 do
        if n mod 2 = 0 then
               x = x + 1
               n = n / 2
        else
               x = x + 1
               n = 3 * n + 1
         if n = 1 then break


A: Jabarkan fragmen di atas seperti ini:

Waktu tempuh =       2 + n(b + 3)
                                  2 + n(9)
                                  9n + 2

10.   Q: Apa itu persamaan T(n) = anxn + ... + a1x + a0 dalam order suatu fungsi
A: Fungsi independen terhadap komputer yang akan dipakai untuk mengukur algoritma tersebut dalam kehidupan nyata.

Download versi PDF: Google Drive
Share:

0 komentar:

Posting Komentar